Tujuan Wisata yang Menarik dan Populer di Yogyakarta.

 


Yogyakarta merupakan kota yang masih terasa kental kebudayaannya. Jika Anda senang dengan wisata budaya, mengunjungi Yogyakarta merupakan pilihan tepat karena ada berbagai situs kebudayaan yang menarik untuk didatangi.

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata di Indonesia. Kota ini sarat dengan nuansa kebudayaan Jawa yang kental ini memang memiliki daya tarik sendiri.

Sikap ramah dari penduduk yang hidup bersahaja, bangunan-bangunan budaya, makanan khas, kerajinan tangan yang cantik merupakan daya tarik dari kota Yogyakarta.

Apa saja yang akan Anda temui di kota pelajar ini? 

Wisata menarik di Yogyakarta:

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo.

Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

2. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta sudah dibangun sejak 3 abad lalu. Merupakan landmark dari kota Yogyakarta yang kaya akan nilai sejarah. Tugu ini terletak di perempatan jalan Mangkubumi, Soedirman, AM Sangaji dan Diponegoro.

3. Kraton Yogyakarta

Yogyakarta memiliki pemerintahan yang disegani penduduknya. Keraton kerajaan dari kesultanan Jogjakarta menjadi simbol dari kota ini. Kesultanan Yogyakarta merupakan pecahan dari kerajaan Mataram.

Kesultanan Jogjakarta menjadi termasyur saat dipimpin oleh Sultan Agung yang menjadi masa kejayaannya. Keraton menjadi tempat tinggal dari Sultan dan keluarga.

Lokasi tempat berdirinya istana atau keraton Yogyakarta sebelumnya merupakan rawa dan hutan beringin bernama Umbul Pacetokan. Keraton Yogja memiliki bangunan yang unik dan terlihat megah dengan aksesoris bangunan Jawa yang melekat, hanya saja Anda tidak bisa sembarangan memasukinya.

4. Puro Pakualam

Merupakan keraton yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram. Ukurannya lebih kecil dari Keraton Yogyakarta. Puro Pakualaman dibuat dengan menghadap ke arah selatan yang melambangkan penghormatan ke keraton utama.

5. Benteng Vredebug

Benteng ini dibangun pada tahun 1760. Arti nama Vredeburg berarti perdamaian. Terletak tidak jauh dari Gedung Agung dan Gedung Bank Indonesia.

6. Musium Sonobudoyo

Di museum ini terdapat koleksi arkeologi maupun etnologi yang berasal dari berbagai daerah seperti Cirebon, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Lombok. Museum ini diresmikan pada tahun 1935 oleh Sultan Hamengku Buwono VII.

7. Taman Sari

Taman Sari berarti taman yang indah dan harum. Pada awalnya, tempat ini digunakan sebagai tempat pemandian kerabat kerajaan.

Sekarang, pemandian tersebut sudah tidak digunakan lagi tetapi struktur bangunan dan kolam pemandian yang indah masih menjadi obyek wisata di Yogyakarta.

Itulah tadi beberapa tempat yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata di daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak tempat lain yang belum saya sebutkan lagi di sini, jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Yogyakarta.