Mau Liburan Hemat Biaya Namun Tetap Seru? Simak Tips ini.


Ingin liburan tetapi takut menghabiskan biaya yang besar? Tenang saja, berlibur tak selalu menghabiskan biaya yang membludak. Berikut beberapa tips agar kamu bisa belibur dengan biaya namun tetap menyenangkan.

Di kala stres menderamu, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres tersebut. Ada yang dengan berkaraoke, ada pula yang berbelanja di mall favorit, atau ada yang dengan memilih liburan ke destinasi wisata di luar kota.

Nah, bagi kamu yang akhir memutuskan untuk berlibur, seringkali untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan identik dengan merogoh kocek dalam-dalam.

Tak heran karena untuk mendapatkannya, kamu biasanya memilih destinasi dengan transportasi terbaik agar stresmu benar-benar hilang dari pikiranmu.

Tips Liburan Hemat yang Harus Kamu Coba!

Nah berikut ini kami sudah merangkum semuanya, silahkan kamu simak langsung.

1. Survei Tujuan Destinasi Liburan

Tips pertama untuk mendapatkan liburan yang hemat tapi tetap menyenangkan adalah dengan melakukan survei destinasi liburanmu.

Survei yang kamu lakukan sebisa mungkin terperinci mulai dari biaya yang harus kamu keluarkan, kegiatan apa yang akan kamu lakukan, dan di mana kamu akan menginap selama berlibur nantinya.

Kelebihan yang kamu bisa rasakan adalah kamu bisa memangkas biaya ataupun kegiatan yang kamu rasa tidak perlu sehingga liburan akan lebih worth it karena hanya mementingkan hal yang harus didahulukan dan tidak ada hal percuma yang menghabiskan waktu berhargamu di liburan kali ini.

2. Pesanlah Jauh-Jauh Hari

Tips liburan hemat lainnya adalah dengan memesan tiket transportasi, penginapan hingga tiket masuk ke tempat wisata dari jauh-jauh hari.

Pemesanan yang dilakukan sebelum hari H biasanya akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah, selain itu kamu mungkin juga bisa mendapatkan promo menarik lainnya selama kamu berlibur nanti.

3. Pergi Saat Low Season

Biasanya banyak orang libur atau cuti saat akhir tahun, libur hari raya atau libur panjang. Nah agar liburan kamu tetap hemat maka usahakan untuk berlibur saat low season, karena saat high season biaya liburan akan melonjak.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dan tentunya tempat wisata yang kamu tuju tidak akan terlalu padat.

4. Catat Anggaran yang Akan Kamu Keluarkan

Selain riset, tips liburan hemat berikutnya adalah dengan membuat perincian anggaran. Hal ini penting untuk mengontrol pengeluaran kamu selama liburan dan memperkirakan biaya yang akan kamu gunakan.

Biaya yang perlu kamu rinci adalah biaya penginapan selama kamu di sana, biaya transportasi, akomodasi, biaya makan dan kamu juga harus siapkan biaya tak terduga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal di luar rencana.

5. Manfaatkan Promo

Salah satu strategi yang perlu untuk mendukung liburanmu adalah manfaatkan promo dengan baik. Biasanya, banyak penginapan yang menawarkan promo.

6. Liburan di Satu Kota

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlibur hanya di satu kota saja. Dengan liburan di satu kota, kamu bisa memaksimalkan destinasi wisata yang ada di kota tersebut untuk mendapatkan liburan yang benar-benar menyenangkan sesuai dengan harapanmu.

Bahkan, dengan eksplorasi ke sudut-sudut kota, kamu bisa jadi malah mendapatkan pengalaman yang tidak terduga sebelumnya.Memfokus liburan di satu kota akan menghemat uang yang harus kamu keluarkan.

Dengan destinasi yang tidak begitu jauh, kamu bisa sampai ke destinasi tersebut dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan angkutan umum yang ada di sekitarmu. Alhasil, kamu pun bisa memanfaatkan uang hasil berhemat untuk keperluan lainnya yang sewaktu-waktu kamu butuhkan.

Berbeda halnya saat kamu harus liburan di beberapa kota. Terkadang kamu dipusingkan untuk memilih beberapa tempat saja di satu kota tertentu. Padahal, kota tersebut menawarkan banyak destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana.

Selain itu, kamu pun akan dibuat repot dengan banyak pengeluaran untuk moda transportasi di beberapa kota yang kamu kunjungi.  Ujung-ujungnya, kamu malah menyesal karena tidak bisa bereksplorasi lebih pada liburanmu.