5 Treatment Alami Sebelum Memberikan Obat Batuk Pilek Pada Anak

 

Anak adalah segalanya bagi orang tua. Orang tua, pasti akan sangat khawatir apabila anak tercintanya sedang sakit bahkan untuk hal-hal yang sepele sekali pun.

Gejala penyakit yang sering menyerang anak-anak adalah batuk dan pilek. Meskipun batuk dan pilek bukan hal yang berat, pun demikian, orang tua tetap merasa khawatir ketika anak mengalaminya.

Merawat buah hati yang sedang dilanda batuk pilek pun tak hanya melulu tentang memberinya obat batuk pilek. Namun juga memperhatikan makanan dan hal-hal lain yang mungkin bisa meredakan gejala tersebut saat si kecil sakit.

Bahkan tidak jarang bila orangtua berusaha mencarikan obat alami untuk anak dengan memperbaiki pola hidupnya supaya tidak ketergantungan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa ditempuh agar si kecil lekas sembuh.

Treatment yang Harus Bunda Berikan Sebelum Memberi Si Kecil Obat Batuk Pilek

Sup Ayam Hangat 

Beberapa penelitian menunjukan bahwa sup ayam dapat meredakan peradangan karena dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.

Ini tidak lain karena sup ayam berisi bahan makanan yang sehat dan dibutuhkan tubuh. Tidak heran setelah makan sup ayam ini tubuh akan merasa hangat dan sedikit lebih baik.

Selain itu, ternyata lebih mudah memberikan sup ketimbang obat batuk pilek.Tak hanya meredakan peradangan, sub ayam juga berfungsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama anak sakit.

Beri Lebih Banyak Cairan untuk Buah Hati

Cairan merupakan salah satu hal yang penting dalam proses penyembuhan hampir disemua penyakit. Begitu juga dengan batuk pilek pada anak.

Memberi obat batuk pilek anak saja terkadang kurang efektif jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang tepat.

Maka dari itu, memberinya lebih banyak cairan seperti cairan hangat seperti the dan sub akan sangat membantu menennagkan dan melemaskan proses pernafasan.

Basahi Bagian Hidung

Hidung mampet si kecil akan sangat membuatnya tidak nyaman. Melihatnya kesulitan bernafas karena hidung mampet, tentunya Bunda tidak akan tega.

Maka dari itu, meredakan mampetnya hidung si kecil dengan membasahi bagian hidung dengan air hangat akan sangat membantu membuat hidung buah hati kembali normal.

Tak hanya itu, menghirupkannya dengan uap air hangat juga akan meredakan hidung mampet si kecil. Kalau cara ini ternyata berhasil, kiranya obat batuk pilek untuk mengatasi hidung mampet tidak begitu diperlukan lagi. 

Redakan Sakit Tenggorokannya

Sakit tenggorokan pasti dialami buah hati saat sedang batuk pilek. Tidak seperti orang dewasa yang bila langsung mengkonsumsi obat batuk pilek dewasa.

Jika batuk pilek menyerang anak, sebagai orang tua haruslah paham bagaimana mengatasinya, khususnya ketika si kecil mengeluhkan tenggorokannya yang sakit.

Sakit tenggorokan ketika sedang batuk pilek disebabkan karena udara yang dingin. Maka dari itu, memberi si kecil kehangatan akan membantu meredakan sakit tenggorokannya.

Bunda juga bisa memberikan si kecil teh tanpa kandungan kafein dan memberinya satu sendok madu.

Kondisikan si Kecil untuk Banyak Istirahat

Dalam proses penyembuhan sakit, tak hanya peran obat yang membantu proses penyembuhan. Memberikan obat batuk pilek juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Memastikan si kecil cukup istirahat dan berhenti dari kegiatan sehari-harinya seperti, sekolah dan bermain untuk beberapa saat juga akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan buah hati.

Sebagai orang tua yang cerdas, memilih yang terbaik untuk kesehatan anak merupakan hal yang wajib dilakukan. Tak hanya sekedar memberikan si kecil obat, namun juga merawatnya dengan berbagai alternatif yang dapat mempercepat proses penyembuhan sakit anak juga hal yang sangat bijak dilakukan. Selamat mencoba, Bunda!