Hp Panas? Begini Cara Mengatasi Masalah Tersebut (Android)



Smartphone menjadi gadget yang paling sering digunakan, hampir disemua kalangan pasti memiliki benda ini.

Salah satu yang paling populer adalah Android yang merupakan sistem operasi yang bekerjasama dengan Google ini, memiliki banyak sekali keistimewaan yang membuat masyarakat gemar menggunakannya.

Selain pengoperasiannya yang mudah, banyaknya aplikasi yang bermanfaat dan bisa mempermudah pekerjaan, smartphone android juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, model yang variatif dan bisa ditemukan dimana-mana.

Hanya saja, android ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah sampah sisa operasi aplikasi yang menyebabkan lemot dan juga cara kerjanya yang memacu ponsel sehingga cepat panas. Jika ponsel sampai overheat, maka hasilnya adalah ponsel menjadi ngeblank dan bisa mengakibatkan kerusakan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa Hp jadi cepat panas, salah satunya adalah karena kinerja yang berlebihan atau penggunaan berlebih.

Jadi misalnya kita menggunakan ponsel secara terus-menerus (untuk main game, brosing internet non stop atau bahkan untuk tethering).

Selain itu, penyebab HP android jadi cepat panas juga karena tidak ada sinyal atau tidak ada jaringan. Jadi ponsel menggunakan lebih banyak daya untuk menangkap sinyal.

Kali ini akan saya bahas cara mengatasi hp panas khususnya pada smartphone Android.


  1. Rehatkan ponsel tiap dua puluh menit. Dua puluh menit sampai setengah jam pemakaian itu sudah terlalu lama untuk ponsel android. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita memberikan jeda waktu setidaknya lima menit untuk mendinginkan ponsel.
  2. Jangan pakai dua aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan. Hp yang bisa digunakan untuk multitask biasanya menjalankan dua atau tiga aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan, jadi sebaiknya log out atau tutup aplikasi dengan baik sebelum membuka aplikasi yang lainnya.
  3. Jangan aktifkan wifi jika tak ada jaringan wifi yang terbuka, atau matikan juga paket data jika di daerah yang sulit sinyal.
  4. Jangan letakkan ponsel di tempat dengan suhu panas, setidaknya simpan dan gunakan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.
Jika langkah diatas sudah dilakukan namun hasilnya tetap sama anda bisa menyiasatinya dengan cara berikut ini:
  • Ganti baterai. Ada kemungkinan baterai bawaan pabrik mengalami kecacatan.
  • Periksa aplikasi yang diinstal, bisa jadi ada aplikasi bandel yang menjadi virus. Sekalipun dimatikan namun tetap online dan membuat ponsel menjadi overheat.
  • Jangan tutupi lubang udara dalam ponsel. Misalnya penggunaan hardcase yang terus menerus, atau meletakkan ponsel dalam tumpukan kain atau benda lain yang bisa membuat ponsel menjadi panas.
  • Hentikan overlock ponsel. Overlock biasa digunakan untuk meningkatkan kecepatan operasi ponsel di atas kemampuan rata-ratanya.
  • Hentikan kebiasaan menggunakan ponsel saat dicharge, karena akan merusak mesin dan akibatnya ponsel cepat panas, ngeblank dan mati total.
Demikian adalah tadi cara yang bisa Anda terapkan untuk mentatasi hp Android yang panas saat digunakan. Anda bisa mencoba untuk mempraktekannya sendiri, semoga bisa membant Anda yang sedang mengalami masalah tersebut.s