Hp Android Lag dan Sering Macet? Begini Cara Mengatasinya.


Pada saat ini HP Andoid memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggunanya, kini android bukan lagi merupakan barang mewah dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk berkomunikasi.

Terutama saat ini sudah tersedia aplikasi-aplikasi canggih yang mendukung untuk berinteraksi dengan orang-orang seperti LINE, Whatsapp, Messenger, dan sebagainya.

Dengan seiringnya waktu hp Android pasti akan mengalami perubahan, salah satunya mengalami kondisi perlambatan pada sistem biasa disebutnya lemot/lag atau macet.

Banyak yang mempengaruhi timbulnya masalah-masalah tersebut, yaitu bisa diakibatkan telalu banyaknya aplikasi yang dipakai, penggunaan yang terlalu intens, dan sebagainya.

Nah pada kesepatan kali ini Saya akan berbagi tips cara mengatasi android lag atau macet, cara yang akan Saya berikan ini biasa saya lakukan ketika hp sudah mulai terasa berat digunakan.


  • Bersihkan Cache dan File Sampah di Hp Kamu.
Tips yang pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan membersihkan daftar cache dan file sampah pada perangkat android.

Karena program cache dan file sampah yang sudah menumpuk inilah merupakan faktor yang bisa memperlambat kerja hp android anda menjadi lemot atau lag.

Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi Clean Master atau Ccleaner yang bisa anda download di google play store. Cara ini bisa anda gunakan dengan memasang  aplikasi clean master atau Ccleaner.

  • Hapus Aplikasi dan Game Tak Terpakai.
Selain bisa memenuhi momori internal, aplikasi dan game yang jarang dipakai juga bisa menyebabkan hp anda lemot/ lag serta menyebabkab kinerja hp anda menjadi berat. Jadi sebaiknya buanglah beberapa aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

  • Gunakan Aplikasi Antivirus.
Musuh terbesar  hp android adalah virus, karena virus yang melekat pada hp akan menyebabkan hp android menjadi lemot dan lag.

Untuk mengatasinya kita rekomendasikan beberapa aplikasi anti virus terbaik, diantaranya CM Security, AVG Antivirus Security, Dll.



  • Jangan Gunakan Aplikasi Secara Bersamaan.
Selain bisa menyebabkan bateray hp anda cepat habis penggunakan aplikasi secara bersamaan juga ternyata bisa menganggu kinerja ponsel serta mengakibatkan hp anda mengalami lag atau lemot.

Nah untuk solusinya apabila setelah menggunakan apliksi sebaiknya ditutup dan kedepannya jangan lagi menggunakan aplikasi secara bersamaan.



  • Update OS Android Kamu.
Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lag yaitu dengan cara mengupdate versi os. Hal ini bertujuan untuk menambah sistem kinerja ponsel menjadi lebih lancar dan tidak lemot.

  • Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
Tips yang terakhir ini digunakan apabila dari semua cara diatas sudah tidak mempan lagi, mengembalikan pada pengaturan pabrik atau Factori Riset ini meruapakan jalan terakhir.

Namun sebelum melakukan cara ini, sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar semua data yang menurut kita penting tidak hilang.

Demikian tadi beberapa tips mengatasi android agar tidak lag atau macet saat digunakan. Dengan tips diatas setidaknya bisa sedikit membantu bagi para pengguna android dan mudah-mudahan kedepannya para penggguna bisa menggunakan android secara bijak dan selalu menjaganya dengan baik dan optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel