Mengenal Lebih Dalam Teknik dan Cara Kerja Aquaponik

Aquaponik merupakan teknik pertanian modern yang memadukan antara budidaya kolam ikan dan bercocok tanam.

Membahas Tentang Cara Kerja Aquaponik

Niagaberita.com - Di sini Saya akan membahas tentang cara kerja aquaponik, dan tahap-tahap membuat aquaponik sendiri agar nanti Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Hampir sama dengan hidroponik, aquaponik juga merupakan cara bercocok tanam yang menggunakana media air saja dan tida memerlukan tanah. Jika pada hidroponik menggunakan air yang sudah dicampur dengan pupuk khusus, sedangkan aquaponik menggunakan air dari kolam ikan. Sehingga nutrisi untuk tanaman di dapat dari air kolam yang sudah tercampur dengan kotoran ikan.

Itulah kenapa sistem tanam aquaponik sangat diminati masyarakat, karena dalam sistem dan cara kerjanya aquaponik dapat memberikan hasil panen tanaman sekaligus panen ikan. Selain itu aquaponik juga bisa dijalankan pada lahan yang sempit, tinggal kita mengatur posisinya saja.

Cara Kerja Aquaponik

Cara kerja Aquaponik sebenarnya sangat sederhana, yaitu mengalirkan air dari dalam kolam ikan ke media tempat tanam. Kemudian setelah mengairi tanaman, air akan mengali kembali lagi ke dalam kolam ikan.

Air dari kolam ikan yang kotor dan kaya akan bahan organik akan diserap oleh tanaman dan air yang kembali ke dalam kolam akan menjadi bersih kembali. Demikian seterusnya, jadi sama sekali tidak memerlukan pupuk sebagai nutrisi untuk tanaman.

Berikut ini skema cara kerja dari akuaponik:

Skema Cara Kerja Aquaponik
Menurut penelitian, ikan hanya mengambil 40%-50% nutrisi dari makanan yang mereka makan dan sisanya akan dikeluarkan bersama kotoran ikan. Dan kesimpulannya kotoran ikan masih mengandung banyak sekali nutrisi, dan sangat bagus jika dijadikan pupuk tanaman.

Sistem tanam dengan model aquaponik sendiri dibagi menjadi banyak macam dan bentuk, namun dari cara kerjanya sama saja dengan gambar di atas tadi. Hanya perbedaannya dari segi model perangkaian media bak penanamannya.

Rangkaian media bak penanaman biasanya disesuaikan dengan lahan, jadi Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan lahan yang Anda miliki. Berikut beberapa rangkaian aquaponik yang umum digunakan oleh banyak orang:

Contoh Bercocok Tanam Sistem Aquaponik

Gambar di atas adalah contoh aquaponik yang menyusun paralon media tanam berjajar di atas kolam. Jarak lubang tanaman pada paralon berjarak kurang lebih antara 10cm-15cm agar tanaman tidak terlalu berdempetan.

Cara kerjanya adalah air akan di pompa naik ke paralon kemudian akan mengalir melewati akar tanaman sebelu nantinya kembali kedalam kolam.

Contoh Bercocok Tanam Sistem Aquaponik

Yang kedua adalah Aquaponik dengan metode rakit apung, cara ini cukup sederhana dan tidak memerlukan pompa air. Jadi kita hanya memerlukan sterofoam yang sudah dilubangi untuk lubang tanaman.

Kemudian sterofoam tersebut diletakan agar mengapung di permukaan air, dan nanti akar tanaman akan mengambil sendiri nutrisi yang dibutuhkan dari air kolam tersebut.

Contoh Bercocok Tanam Sistem Aquaponik

Berikutnya ada aquaponik model aliran atas, jadi di sini air akan di pompa naik kemudian akan di alirkan ke masih-masing pot tanaman. Pada masih masih pot tanaman juga sudah diberi lubang untuk mengalirnya air kembali ke kolam.

Pada gambar di atas media tanam menggunakan batu kerikil, itu karena jenis tanaman yang ditanam memang memerlukan media padat agar akar tanaman bisa menempel sehingga tanamaman tidak mudah roboh.

Contoh Bercocok Tanam Sistem Aquaponik

Gambar yang terakhir adalah model aquaponik bertingkat, hampir sama dengan model yang pertama hanya saja penyusunan paralon media tanam dibuat beritngkat bukan berjajar di atas kolam. Untuk cara kerjanya adalah air di pompa ke bagian paralon paling atas, kemudian nanti akan mengalir turun melewati setiap paralon lalu kembali ke kolam.

Setelah melihat gambar-gambar tadi apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang cara kerja aquaponik? Sekarang tinggal Anda mempraktekannya sendiri di rumah, buatlah sekala kecil dulu, jika berhasil baru mengembangkannya lagi ke sekala yang lebih besar.

Sedikit Tips Tambahan dalam Bercocok Tanam Sistem Aquaponik.

  1. Usahakan air tidak terlalu memenuhi media tanam, maksimal ketinggian air setengah dari media tanam yang Anda buat.
  2. Aliran air di dalam media tanam juga jangan terlalu deras, agar akar tanaman bisa lebih maksimal dalam menyerap nutrisi yang terkandung di dalam air tersebut.
  3. Ikan di dalam kolam jangan terlalu sedikit, sesuaikan dengan julah tanaman yang akan Anda tanam.
  4. Dan pastikan juga tanaman terkena sinar matahari.
Akhir Kata:

Itu tadi sedikit informasi yang bisa Saya berikan tentang cara kerja aquaponik, cara membuat media tanam aquaponik, dan juga tips dalam bercocok tanam dengan metode aquaponik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel