Tips Memilih Hp Android, Agar Tidak Menyesal Setelah Membeli

Di sini Saya tidak akan memihak merk atau brand tertentu, Saya hanya akan memberikan pencerahan untuk Anda dalam memilih Hp Android sebelum membelinya. Mengingat sekarang ini sudah banyak sekali pilihan merk dan tipe hp Android.

Dalam memilih hp Android ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah ketahanan, kualitas komponen, kecepatan ketika di akses, dan juga kemampuan mesin. Jangan sampai Anda menyesal setelah membelinya, karena ternyata tidak sesuai dengan keinginan Anda atau kebutuhan Anda.


Jika Anda memiliki uang yang banyak mungkin Anda tidak akan bingung mempertimbangkan hal ini. Anda tinggal membeli smartphone flagship dari merk terkenal yang sudah pasti memiliki kualitas terjamin dan banyak fitur canggih di dalamnya, namun sudah pasti harganya mahal.

Berbeda dengan orang yang hanya memiliki budget pas-pasan, mereka akan lebih memilih hp Android harga murah dengan kualitas bagus. Untuk itulah saya membuat artikel ini, diharapkan bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memilih Hp Android Sebelum Membelinya Adalah:

1. Prosesor / CPU yang ada di Dalamnya.


Sama seperti PC, pada Android prosesor juga berperan sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Semakin tinggi spesifikasi Prosesor / CPU pada android berarti akan semakin bagus juga kinerja atau kecepatan Android tersebut.

Bagaimana menentukan Prosesor / CPU tersebut bagus atau tidak?

  • Anda bisa melihat dari merknya, Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra, Exynos, merupakan merek terkenal yang sudah terjamin kualitasnya. Namun jika Anda memiliki budget minim bisa memilih prosesor dengan merk mediatek (MTK) ataupun Intel.
  • Pilihlah chipset dengan seri tertinggi saat ini, saya tidak bisa menetukan serinya karena dari waktu kewaktu terus meningkat seiring perkembangan jaman. Anda bisa mencari tahu seri berapa yang tertinggi saat ini dengan melakukan browsing di internet.
  • Pilihlah chipset dengan clockspeed lumayan tinggi minimal 1 GHz, atau yang lebih tinggi akan lebih bagus.
  • Terakhir, pilihlah prosesor yang memiliki inti core banyak, minimal 2 core (dualcore). atau yang lebih banyak seperti 4 core (quadcore), 6 core (hexacore), 8 core (octacore), 10 core (decacore).
2. RAM yang Besar.


RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, berfungsi membantu kinerja prosesor dan untuk menyimpan file-file yang bersifat sementara.

Sebagai contoh, ketika kita melakukan multitasking seperti bermain game , chatting atau streaming video pada waktu bersamaan, maka history atau video yang pernah kita putar akan diproses dan tersimpan sementara di dalam RAM. Semakin banyak aplikasi atau game yang kita mainkan maka semakin besar juga memory RAM yang dibutuhkan.

Anda bisa memilih Android dengan ukuran RAM minimal 2GB, mengingat saat ini game untuk Android terbilang cukup berat dan akan susah dijalankan pada RAM kecil.

3. Pilihlah Android dengan GPU (Graphics Processing Unit) yang Baik.


GPU (Graphics Processing Unit) memiliki fungsi sebagai pemroses grafis. Dengan didukung menggunakan GPU yang bagus, tentu grafis yang dihasilkan akan semaikn bagus juga. Ini sangat penting ketika sedang bermain game atau menonton video, kita akan dimanjakan dengan grafis yang memanjakan mata.

Untuk memilih GPU yang baik, bisa melihat ulasannya berikut ini:

  • Pilih GPU dengan merk terkenal yang sudah pasti berkualitas bagus seperti Adreno (Snapdragon), Mali (Exynos, MTK), Nvidia Tegra, atau dan masih banyak lagi lainnya.
  • Dari setiap tipe juga memiliki seri yang berbeda-beda, Anda bisa memilih seri tertinggi agar lebih baik.
  • Pilihlah GPU dengan Clockspeed paling minim 500 MHz, lebih tinggi lebih bagus.
  • Jumlah core pada GPU juga berpengaruh, Anda bisa memilih jumlah core terbanyak untuk hasil yang maksimal.
4. Layar yang Mumpuni.


Bukan tentang ukuran layar, melainkan tentang jenis dan tipe layar yang digunakan. Pada Android sendiri terdapat banyak jenis dan tipe layar, diantaranya yaitu TFT LCD, IPS LCD, Super LCD (SLCD), AMOLED, IGZO. Untuk keterangan lebih lanjut tentang jenis-jenis layar tersebut, dan mengetahui mana yang lebih bagus Anda bisa mencarinya infonya di google.

Selain memperhatikan jenis layar Anda juga perlu memperhatikan Resolusi dan PPI-nya. Semakin tinggi semakin bagus, saya menyarankan Anda memilih layar dengan PPI di atas 400 pixel dan resolusi layar minimal 1280x720 HD atau yang lebih tinggi.

Usahakan juga untuk memilih layar Android yang sudah memiliki teknologi pelindung atau antigores seperti Gorilla Glass, Kingkong Glass, Dragontrail Glass, atau yang sejenisnya. Agar Anda tidak perlu repot lagi untuk memasang anti gores.

5. Memori Internal yang Besar.


Memori internal jumlahnya terbatas, dan tidak bisa ditambah lagi. Jadi dalam memilih hp Android sebaiknya Anda cari yang memiliki penyimpanan internal besar. Agar bisa memasang lebih banyak game dan aplikasi maupun file media seperti foto, musik, video di Android Anda.

Pilihlah Android dengan memori internal mini 16GB, atau yang lebih besar. Mengingat file aplikasi dan game saat ini memang kebanyakan berukuran besar. Dan pastikan juga dilengkapi dengan slot untuk memasang SD Card, jika suatu saat membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar.

6. Perhatikan OS Android tersebut.


OS (Operating System) juga perlu Anda perhatikan, jangan sampai Anda memilih hp Android dengan OS yang sudah jadul. Untuk saat ini OS tertinggi adalah 8.0 Android Oreo,  namun mungkin masih jarang ditemukan di pasaran Android saat ini, belum semuanya menggunakan OS tersebut.

Jika sulit menemukan versi 8.0 saya sarankan Anda menggunakan Versi 6.0 Marshmallow atau 7.0 Nougat.

7. Perhatikan Teknologi Jaringan.


Pilihlah hp Android yang sudah support jaringan LTE atau 4G, karena hampir semua provider internet di Indonesia memang sudah mendukung jaringan tersebut. Dari segi kecepatan juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan Android yang menggunakan jaringan 3G atau H+.

8. Perhatikan Kapasitas Baterai.


Kapastitas baterai, ini juga gak kalah penting selain beberapa faktor yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Karena kapasitas bater akan berpengaruh berapa lama Android tersebut bisa bertahan, semakin besar kapasitas baterai berarti semakin lama hp Android tersebut bisa menyala.

Apalagi smartphone Android memang terbilang sangat boros sekali baterai, apalagi jika data seluler di aktifkan. Jika Anda menggunakan hp Android hanya untuk chating atau membuka sosial media minimal pilihlah android dengan kapasitas penyimpanan 2500 mAh.

Namun apabila untuk keperluan bermain game saya sarankan cari yang memiliki kapasitas baterai 3000mAh atau bahkan 4000mAh. Jika ada yang lebih tinggi akan lebih bagus lagi.

Sekarang juga sudah banyak Android yang dilengkapi dengan fitur fast charging, dan ini sdangat saya rekomedasikan sekali. Dengan fitur ini pengisian baterai jauh lebih cepat daripada hp Android yang belum memiliki fitur fast charging.

9. Pilih juga Android dengan Kamera Bagus.


Pentingkah kamera menurut Anda dalam memilih hp Android? Jika menurut saya ini penting, dengan adanya kamera di hp kita jadi bisa dengan mudah mengabadikan setiap moment penting melalui foto maupun video. Anda bisa mencari Android dengan Sensor Kamera mumpuni, agar gambar yang dihasilkan lebih memuaskan.

Pastikan juga untuk memilih android yang yang memiliki lampu kamera, sehingga bisa mengambil gambar yang jelas di tempat yang minim cahaya sekalipun.

Akhir Kata:

Mungkin itu saja tips memilih hp Android dari saya, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang ingin membeli Smartphone baru agar jangan sampai salah membeli dan akhirnya menyesal di kemudian hari. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel