Segara Lakukan Hal ini, Jika Anda Tertipu Belanja Online

Belanja online memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, kemudahan yang ditawarkan membuat orang menyukai hal ini. Anda tidak perlu keluar rumah, hanya dari rumah saja menggunakan smartphone atau laptop kita sudah bisa berbelanja di online shop.

Namun bagaimana jika online shop tersebut menipu Anda, dan apa yang harus dilakukan apabila ditipu penjual onlien seperti ini?


Namun sebelum menyimpulkan apakah Anda telah benar-benar ditipu oleh sebuah online shop, Anda harus memastikannya dulu dengan menanyakannya kepada penjual online tersebut.

Tanyakan soal barang pesanan Anda kenapa sampai tanggal yang ditentukan masih belum Anda terima, mintalah kejelasan yang jelas terkait masalah itu.

Anda juga bisa menanyakan kepada penjual mengenai nomer resi pengiriman, agar Anda bisa mengeceknya langsung di situs kurir pengiriman itu sendiri sudah sampai mana barang Anda di kirim.

Jika penjual tersebut bisa memberikan penjelasan yang masuk akal terkait barang pesanan Anda yang belum Anda terima, Anda coba untuk bersabar terlebih dahulu untuk menunggunya beberapa hari lagi.

Namun jika penjual tersebut terlalu bertele-tele atau mempersulit Anda untuk mendapatkan informasi lebih terkait pesanan Anda. Atau malah penjual tersebut tidak merespon keluhan Anda, sudah waktunya Anda melakukan tahapan serius untuk mengusut masalah ini, karena bisa jadi Anda benar-benar telah tertipu belanja online.

Lakukan Hal ini Jika Anda Tertipu Belanja Online

Ini berdasarkan pengalaman Saya ketipu belanja online, awalnya saya juga bingung harus melakukan apa untuk mengatasi penipu online ini. Saya coba mencari solusi dari teman dan kerabat dan akhirnya saya mendapat sedikit pencerahan.

Yang harus Anda lakukan dalam menghadapi penipuan online adalah:

  1. Datanglah ke Bank terkait dengan Bank Anda melakukan transaksi online.
  2. Tunjukan kepada pihak bank buti transfer yang telah Anda lakukan, Anda bisa menunjukan struk, sms banking atau bukti lainnya.
  3. Ceritakan kronologis terkait masalah penipuan yang sedang Anda alami ke pihak Bank.
  4. Setelah Anda menyerahkan bukti transfer dan sudah menceritakan kronologisnya, pihak Bank akan menghubungi penipu dengan melacak nomor rekeningnya.
  5. Rekening penipu juga akan segera dibekukan oleh pihak bank.
  6. Selanjutnya Anda akan dihubungkan dengan penipu untuk berbincang perihal mengatasi masalah tersebut.
  7. Apabila penipu tidak mau mengembalikan uang Anda, makan pihak Bank akan segera menghubungi pihak kepolisian.
  8. Kemudian pihak kepolisisan akan menangkap pelaku berdasarkan data yang sudah diberikan oleh pihak Bank.
  9. Penipu harus menyerahkan sejumlah nominal uang yang Anda transfer.
  10. Setelah penipu tertangkap uang Anda akan dikembalikan utuh sesuai jumlah yang di transfer.
Anda bisa melakukukan cara ini di semua bank yang ada di Indonesia, pihak Bank akan dengan sukarela membantu menyelesaikan masalah Anda tersebut.

Namun perlu Anda ingat, agar proses di atas bisa dilakukan dengan mudah dan lancar pastikan bukti transfer yang sudah Anda lakukan jangan sampai hilang. Namun jika memang benar-benar hilang atau terbuang Anda bisa menggunakan history pengiriman, namun lebih mudah jika menggunakan struk transfer.

Tetap waspada dalam melakukan transaksi belanja online, pastikan Anda meminta foto identitas diri penjual untuk nantinya di cocokan dengan nomer rekening tujuan transfer. Beberlanjalah di online shop yang sudah terkenal, dan terjamin keamannyanya. Agar kasu penipuan belanja online seperti ini tidak terulang kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel