6 Makanan ini Bisa Anda Jadikan Sebagai Obat Panas Dingin

Cuaca yang tak menentu dan sistem imun yang sedang melemah bisa saja mendatangkan penyakit. Contohnya saja flu, demam, dan panas dingin. Agar tetap bisa beraktivitas layaknya sehat, diperlukan obat panas dingin yang tepat dan cocok untuk mengatasi panas dingin ini.

Panas dingin menjadikan seseorang merasa dingin tanpa sebab yang jelas. Menurut healthline hal ini disebabkan otot menegang dan meregang berulangkali. Oleh karenanya, panas dingin bisa disertai dengan menggigil.

Tidak semua panas dingin disebabkan oleh faktor lingkungan yang dingin, akan tetapi panas dingin juga bisa menjadi pertanda telah terdapat infeksi bakteri atau virus yang beberapa di antaranya juga akan menyebabkan demam.

Untuk mengobati panas dingin selain menggonakan obat dokter Anda juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Beberapa makanan yang bisa dijadikan sebagai obat penyakit ini diantaranya sebagai berikut.


6 Cara Mengobati Panas Dingin Menggunakan Bahan Alami yang Mudah Didapatkan

1. Air Hangat.


Yang pertama adalah menggunakan air hangat untuk mengobati panas dingin. Anda bisa mengusap air hangat ke seluruh tubuh sebagai pengganti dengan air dingin. Hal ini dikarenakan dengan air hangat, Anda akan merasa lebih rileks dan nyaman serta panas dingin juga menjadi hilang.

2. Makanan Hangat.


Dengan menyantap makanan hangat juga bisa untuk menyembuhkan sakit panas dingin yang efektif dan juga menormalkan kembali keadaan tubuh. Makanan hangat seperti sup, atau minuman hangat seperti teh hangat, susu hangat diklaim dapat membantu menstabilkan keadaan tubuh lagi. 

Menurut Professor Reid B. Blackwelder, MD seorang pakar obat keluarga Universitas East Tennessee State, Kingsport, makanan hangat akan membantu menghilangkan gejala panas dingin dengan baik.

3. Jus Buah.


Panas dingin yang disertai demam terkadang juga menyebabkan dehidrasi. Oleh karenanya, sering-sering minum air bisa juga menjadi solusinya. Akan lebih baik lagi jika Anda meminum satu gelas jus buah (alpukat, tomat, atau cranberry).

Hal ini dikarenakan jus akan menyediakan kandungan air yang cukup untuk hidrasi tubuh Anda. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam jus juga akan menjalankan tugasnya dalam membersihkan toksin hingga mencegah panas dingin.

4. Jahe.


Selanjutnya adalah jahe, jahe dipercaya mampu menghangatkan tubuh dan menghilangkan panas dingin. Rasa pedas dan hangatnya akan membantu meningkatkan temperatur tubuh sehingga badan tidak lagi merasa dingin dan panas dingin menjadi hilang. Bahkan Anda bisa memvariasikan jahe untuk dibuat dalam bentuk minuman ekstrak jahe, atau teh yang dicampur dengan jahe.

5. Madu.


Madu merupakan bahan makanan yang sangat multifungsi. Bahkan mengkonsumsi madu akan mempertebal ketahanan tubuh Anda. Untuk mendukung agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain dengan meminum air atau jus yang cukup, Anda juga bisa menambahkan madu sebagai suplemen.

Bukan hanya untuk menambah rasa agar nikmat saja, madu di sini digunakan sebagai obat alternatif penurun panas dingin dan juga untuk penambah vitamin dalam tubuh sehingga mengurangi dampak negatif ketika demam.

6. Echinacea.


Echinacea adalah semacam bunga yang mempunyai berbagai macam manfaat. Banyak produsen kini menjadikan ekstrak Echinacea sebagai obat yang dimasukkan dalam pil. Bahan aktif dalam Echinacea dipercaya mampu mengurangi peluang untuk terjangkit kedinginan.

Oleh karena itu National Center for Complemetary and Integrative Health (NCCIH) kini melakukan riset lebih mendalam mengenai kandungan Echinacea untuk meredakan panas dingin.

Akhir Kata:

Itulah beberapa makanan dan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati panas dingin. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang alami sebelum mencoba obat generik. Akan tetapi, perlu diingat untuk selalu mengkonsultasikan penggunaan bahan di atas kepada dokter terlebih dahulu. Dokter akan merekomendasikan jika memang bahan tersebut cocok dan tidak mengganggu keseimbangan dan kesehatan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel