Ada Benjolan di Mata? Ini Dia Obat Bintitan Alami yang Bisa Anda Coba

Mungkin Anda sudah pernah mendengar satu gangguan mata bernama bintitan, akan tetapi meski sudah terbilang familiar masih saja banyak yang belum tahu apa sebenarnya bintitan tersebut. Mata bintitan menjadi satu bahasa medis dari hordeolum dimana terdapat sebuah benjolan mirip jerawat ataupun bisul tumbuh disekitar kelopak mata.

Kondisi penderita bintitan sendiri tidak terlalu buruk khususnya dalam pengelihatan. Hanya saja ini sangat mengganggu penampilan sehingga membutuhkan obat bintitan yang pas untuk mengurangi efek nyeri sekaligus mengecilkan benjolan.


Banyak orang merasa bintitan bukan penyakit mematikan, akan tetapi keberadaannya bisa menganggu aktifitas sehari-hari. Menurut Dr. Jessica Florencia, seorang dokter dan kontributor di situs kesehatan mengatakan kalau bintitan adalah infeksi bakteri yang menyerang bagian kelenjar minyak di sekitar kelopak mata.

Rata-rata isi dari benjolan berupa nanah yang bila dibiarkan bisa saja mengganggu penampilan dan pengelihatan. Perlu adanya diagnosis secara langsung untuk menentukan jenis obat yang akan diterapkan, meskipun gangguan mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya.

Apa Saja Yang Bisa Dipakai Untuk Obat Bintitan?

Banyak jenis obat bintitan beredar di pasaran mulai dari tetes mata hingga bentuk krim. Akan tetapi, banyak masyarakat mengobati bintitan secara alami memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kita. Namun demkian, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar prosedur perawatan bisa lebih maksimal. Selain itu agar proses penyembuhan lebih cepat dan mudah. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Badan mulai terasa demam, atau kondisi suhu tubuh naik turun.
  • Mengalami masalah penglihatan yang semakin menurun dari gejala awal.
  • Bintitan tidak hilang dalam 2 minggu.
  • Ukuran dari bengkaknya kelopak mata sudah terlalu besar hinga ke bagian wajah lainnya.
  • Dari benjolan keluar darah dan terasa sangat sakit ketika disentuh.
Sebelum mengambil langkah medis, Anda bisa mencoba jenis obat tradisional bintitan yang bisa didapatkan dengan mudah dan dari bahan yang alami yang bisa Anda dapatkan di sekitar:

1. Memanfaatkan Ketumbar.



Pengobatan alami gangguan mata bintitan bisa dari bahan ketumbar yang pengolahannya sangat mudah. Rebuslah 2-4 sendok makan ketumbar kemudian air rebusan bisa dipakai untk mengompres mata. Kandungan antioksidan di dalam ketumbar bisa meredakan peradangan bintitan.

2. Daun Jambu Biji.



Anda bisa mengobati bintitan memakai daun jambu biji dimana sifatnya sangat baik untuk mengurangi benjolan dari bintitan. Ambillah beberapa lembar daun jambu biji kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada benjolan bintitan.

3. Teh Celup.



Obat bintitan selanjutnya bisa dari teh celup yang sangat efektif mengurangi benjolan bintitan secara alami. Cukup kompres mata memakai kantung teh celup sampai peradangan berkurang. Kandungan antioksidan dari teh celup sangat baik mengurangi perkembangan infeksi bakteri di sekitar kelopak mata.

4. Kunyit.



Obat tradisional bintitan selanjutnya bisa dari kunyit yang sangat manjur mengatasi berbagai penyakit termasuk bintitan. Senyawa di dalam kunyit bisa mengurangi infeksi di kelopak mata bahkan bisa meredakan bengkak lebih alami. Cara pengolahan kunyit bisa ditumbuk sampai halus lalu dikompres ke bagian mata yang bengkak. 

Akhir Kata:

Kesehatan mata memang harus dipelihara secara maksimal. Selain menerapkan pengobatan di atas, mulailah mengubah gaya hidup Anda dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti wortel, memakai kaca mata saat bepergian dan menjaga kebersihan tangan dan tubuh supaya tidak mudah terserang bakteri. Bila dirasa sakit belum sembuh juga, segera hubungi dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel