6 Hal yang Harus Diperhatikan Penderita Biduran Sebelum Minum Obat Biduran

Biduran menimbulkan bilur merah pada kulit dengan kecil hingga besar. Bilur ini dapat menyebar dari bagian tubuh satu ke bagian tubuh lainnya. Ruam-ruam merah pada tubuh yang terjadi ketika mengalami biduran akan sangat terasa gatal dan panas.

Penyebaran ruam dan bilur merah ini dapat menyebar hingga kebagian muka, bibir, lidah hingga tenggorokan.  Tak hanya mengkonsumsi obat biduran, mengubah sedikit gaya hidup merupakan hal yang sangat penting untuk penderita biduran. Apalagi jika biduran yang dialami sudah mencapai level akut.


Merubah gaya hidup sehari-hari disamping mengkonsumsi obat biduran

  • Mulai gunakan pakaian yang ringan
Pakaian bisa jadi mempengaruhi proses penyembuhan biduran ini. Bagaimana tidak, biduran yang notabennya menyerang kulit akan selalu bersentuhan langsung dengan kulit tubuh kita. Menggunakan pakaian ketat akan membuat sirkulasi udara pada kulit tidak bagus.

Alangkah baiknya bagi Anda penderita biduran untuk mulai mengganti pakaian Anda dengan bahan yang lebih sejuk dan bermodel longgar. 
  • Kenali pemicunya terjadinya biduran
Mengenali pemicunya juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengenali pemicu dari gejala ini, Anda data menghindari pemicu agar tidak menyebabkan biduran semakin parah. Mengobati biduran secara alami memang dapat kita lakukan, namun bagaimana pun proses penyembuhannya mengetahui pemicu nya adalah hal utama yang harus diperhatikan.
  • Hindari pemicunya
Pemicu biasanya dari pola hidup seperti makanan atau hal lainnya yang ada disekitar kita. Sebanyak apapun Anda mengkonsumsi obat biduran, jika tetap berinteraksi dengan pemicu gejala tersebut maka pengobatan Anda bisa jadi sia-sia.

Obat tradisional biduran dan obat biduran ala medis saat ini memang sudah banyak, namun menghindari pemicu terjadinya penyakit ini tetap hal utama yang harus dilakukan sebelum mengkonsumsi obat-obataan tersebut.
  • Hindari air panas
Mengobati biduran secara alami harus dimulai dengan pola hidup yang sehat. Selain mengkonsumsi obat biduran,  menghindari mandi dengan air panas juga merupakan hal yang penting. Mengingat biduran yang menyerang kulit maka interaksi apapun dengan kulit harus sangat diperhatikan, khususnya air yang kita gunakan saat mandi. Air panas dapat memperburuk kondisi kulit ketika mengalami biduran.
  • Batasi mandi
Untuk Anda yang biasanya mandi 3-4 dalam sehari alangkah baiknya mengurangi intensitas mandi Anda menjadi 1 sampai 2 kali dalam sehari ketika menderita biduran.  Tak hanya intensitas mandi, lama waktu mandi Anda juga harus diperhatikan. Usahakan jangan mandi lebih dari 10 menit apalagi menggunakan air panas. Mandi dengan air dingin yang sejuk dapat meredakan peradangan ruam dan membuat kulit lebih sejuk.
  • Gunakan humidifier
Humidifier sendiri biasa disebut sebagai pelembab ruangan. Menggunakan humidifier ketika mengalami biduran akan sangat membantu proses penyembuhan disamping mengkonsumsi obat biduran. Oleh karena menjaga kelembaban kulit sangat penting bagi penerita biduran maka menggunakan pelembab ruangan sangat disarankan.

Akhir Kata:

Setelah membaca informasi diatas, sekarang Anda bisa ambil kesimpulan bahwa mengobati biduran bukan hanya tentang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyembuhkan biduran. Penting juga bagi Anda untuk mengubah pola hidup seperti memperhatikan makanan atau hal dilingkungan yang dapat memicu terjadinya biduran.

Maka dari itu, ubah pola hidup dan mulailah menyembuhkan biduran Anda tanpa melulu menkonsumsi obat-obatan. Yang pasti gaya hidup jauh lebih sehat dari pada direpotkan dengan berbagai perawatan kesehatan. Semoga cepat sembuh!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel