10 Hal WAJIB Anda Hindari Dalam Menghadapi Wawancara Kerja

Bagi Anda yang terbiasa pindah-pindah pekerjaan mungkin sudah hapal dengan yang namanya wawancara atau interview pekerjaan. Namun bagi yang baru lulus baik itu sekolah maupu universitas akan sedikit kebingungan, karena memang mereka memang belum pernah melakukan hal ini sebelumnya.

Tujuan perusahaan melakukan wawancara seperti ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang kepribadian Anda, sebelum pihak perusahaan atau PT menerima Anda bekerja di tempat mereka. Tahap ini juga menjadi sangat penting, dan hasilnya akan menentukan apakah anda diterima atau tidak.

Jadi saya sarankan Anda harus berhati-hati dalam menghadapi tes wawancara. Maka dari itu Anda harus benar-benar mempersiapkannya sebaik mungkin, supaya nantinya dapat memberikan kesan baik kepada pewawancara.


Berikut Beberapa Hal yang Harus Anda Hindari Ketika Melakukan Wawancara Kerja

1. Jangan Menjelek-Jelekan Institusi Lain.

Jangan sesekali Anda menceritakan kejelakan institusi lain contohnya seperti intitusi pendidikan yang Anda sebelumnya, atau menjelek perusahaan dimana dulu Anda bekerja, baik itu atasan maupun rekan kerja Anda. Hal dapat menjatuhkan Anda, dan nantinya Anda akan diberikan pertanyaan yang memojokan.

2. Jangan Menunjukan Rasa Gugup Saat Wawancara.

Merasa gugup ketika pertama melakukan wawancara kerja memang merupakan hal wajar, namun Anda di sini harus menghilangkan rasa gugup tersebut. Pastikan Anda mempersiapkan mental dan melatih diri Anda untuk melawan rasa gugup tersebut.

3. Jangan Berbicara Terlalu Cepat, dan Harus Jelas Suaranya.

Jika Anda berbicara terlalu cepat ditakutkan orang yang mewawancarai Anda tidak bisa menangkap dengan baik jawaban Anda. Pastikan juga Anda berbicara dengan jelas, jangan terlalu pelan karena bisa dianggap Anda tidak kompeten.

4. Jangan Bertindak Seolah-Olah Anda Sudah Bekerja Di Perusahaan Tersebut.

Sebagai contoh Anda jangan menyebut perusahaan yang Anda daftar itu dengan sebutan perusahaan kita, sebaiknya Anda menggunakan kata perusahaan ini karena memang Anda belun diterima kerja disitu.

5. Jangan Berdebat dengan Pewawancara.

Perdebatan akan membat Anda dianggap sebagai orang yang mudah berpengaruh terhadap karyawan lainnya. Misalnya Anda akan dianggap sebagai orang yang berpotensi akan melakukan provokasi atau melakukan demo ketika terjadi ketidak puasan terhadap perusahaan.

6. Jangan Terlalu Menuntut Gaji dan Juga Tunjangan yang Berlebihan.

Sebagai calon karyawan baru sebaiknya Anda jangan terlalu menuntut kepada perusahaan mengenai hal ini. Kecuali Anda memang orang yang ahli dan sangat dibutuhkan dalam perusahaan tersebut, mungkin perusahaan akan mempertimbangkannya jika Anda menuntut gaji dan tunjangan sedikit berlebih.

7. Hindari Menggunakan Kata Tidak.

Jika Anda diberi pertanyaan, yang terkait dengan pekerjaan sebagai contoh "Jika suatu saat Anda di tugaskan diluar kota, apakah Anda sanggup?" Sebaiknya anda jawab saja Ya atau Sanggup. Mungkin itu hanya pertanyaan untuk menguji Anda, kalopun memang benar pertanyaan tersebut bisa Anda pikirkan nanti dibelakang.

8. Jangan Menunjukan Kelemahan Anda.

Sebisa mungkin Anda harus menutupi kelemahan Anda, apalagi sampai Anda menunjukan kelemahan tersebut. Dan jika pewawancara bertanya "Apa kelemahan Anda?" berikan saja jawaban yang merupakan kelemahan Anda, tetapi akan menimbulkan hal positif dari hal yang akan Anda lakukan itu.

Anda bisa menjawabnya seperti ini " Saya adalah orang yang tidak bisa melihat sesuatu berantakan. dan biasanya Saya akan selalu berusaha untuk merapikan apa yang di depan Saya".

9. Jangan Berkata Berlebihan.

Sebaiknya Anda menghindari kata-kata yang berlebihan, seperti mengajukan banyak pertanyaan terkait apa yang akan diberikan perusahaan kepada Anda.

 Hindari memuji pewawancara, hal ini akan membuat Anda terlihat ingin menarik simpatik dari pewawancara tersebut dengan cara di luar konteks. Sebagai contoh, pakaian anda sangat bagus, anda adalah orang yang sangat baik, dan lain sebagainya.

10. Jangan Melakukan Tindakan yang Tidak Baik Ketika Wawancara.

Jangan melakukan hal yang tidak baik atau negatif saat proses wawancara sedang berlangsung, sebagai contoh menguap, bersendawa, atau hal lain yang bisa membuat orang berpikiran buruk tentang Anda.

Akhir Kata:

Itulah tadi beberapa poin penting yang harus Anda hindari ketika sedang melakukan wawancara kerja. Anda juga harus lebih berhati-hati dengan pertanyaan yang diberikan pewawancara, biasanya banyak pertanyaan menjebak yang akan membuat Anda gagal diterima karena jawaban yang Anda berikan dirasa kurang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel