6 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi & Tips Mencegahnya

Bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi? Bagi Anda yang baru memiliki momongan pasti suka bingung ketika Si Kecil mengalami cegukan. Cegukan pada bayi bukanlah masalah yang serius, namun Anda sebagai orang tua pasti akan kasihan jika Si Kecil mengalami hal seperti ini.

Perlu Anda ketahui juga bahwa cegukan sudah biasa terjadi pada bayi, dan tidak berpengaruh ataupun menimbulkan efek buruk pada pernapasan dan juga kesehatan Si Kecil. Bahkan ada beberapa bayi tetap bisa tertidur pulsa meskipun sambil cegukan.

Jadi kesimpulannya cegukan pada bayi itu masih bisa dikatakan normal, jadi Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan jika Si Kecil mengalami cegukan.


Penyebab Terjadinya Cegukan

Penyebab cegukan sendiri terjadi karena adanya kontraksi diafragma (lembaran besar otot yang ada di bawah paru-paru). Ketika kontraksi otot tersebut terjadi maka udara akan terhisap dengan cepat ke dalam paru-paru , dan karena terlalu cepat masuknya udara tersebut membuat epiglottis menutup.

Epiglottis yaitu flap jaringan yang ada di kerongkongan yang akan menutup ketika seseorang sedang menelan, bertujuan mencegah masuknya air, makanan, atau ludah masuk ke dalam paru-paru.

Penutupan epiglottis yang secara tiba-tiba inilah yang akhirnya membuat seseorang mengalami cegukan.

Tips Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi


  1. Anda bisa memberikan ASI pada Si Kecil, karena gerakan menyusui dapat membuat diafragma Si Kecil menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan.
  2. Gendonglah bayi Anda dalam posisi tegak, kurang lebih selama 15 menit sambil menggoyangkan tubuh atau bisa juga sambil menggosok dadanya perlahan.
  3. Berikan sesuatu untuk dihisap, seperti misalnya dot, atau empeng pada Si Kecil. Sebab gerakan mulut dan hisapan pada perut bayi bisa memancing sendawa, dengan begitu cegukan pada Si Kecil akan berhenti.
  4. Ketika Anda memberikan susu pada Si Kecil menggunakan dot, miringkan botol tersebut kurang lebih 45derajat. Agar udara pada botol naik ke bagian bawah, sehingga tidak ikut tertelan oleh bayi.
  5. Bawa Si Kecil ke tempat yang hangat, karena udara ruangan yang dingin juga bisa memicu cegukan pada bayi.
  6. Anda juga bisa memberi makan pada Si kecil ketika sedang cegukan, namun perlu diperhatikan dalam memberi makan pangkulah si kecil dalam posisi tegak. Bertujuan untuk mengurangi atau mencegah masuknya udara berlebihan kedalam perut.
Anda bisa melakukan langkah-langkah yang saya berikan di atas satu persatu sampai cegukan berhenti.

Walaupun sebenarnya jika Anda biarkan saja cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya. Normalnya cegukan pada bayi biasa terjadi selama 10 menit, namun bila hal ini terjadi terus menerus dan berlangsung lama, sebaiknya anda konsultasikan hal ini pada doketer.

Tips Menghindari Terjadinya Cegukan Pada Bayi



  • Pastikan terlebih dahulu Si Kecil dalam keadaan tenang dan tidak menangis ketika hendak memberikan ASI atau makanan. Bertujuan untuk menghidari udara berlebihan masuk kedalam perut bersamaan dengan air susu atau makanan tadi.
  • Setelah memberi Asi atau makanan Anda juga harus menenangkan bayi terlebih dahulu, hindari juga gerakan menggendong bayi memantul-mantulkan ke atas dan kebawah.
  • Setelah makan atau minum susu, sebaiknya Anda gendong bayi dalam posisi tegak terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. 
Akhir Kata:

Itu saja informasi yang bisa saya berikan kali ini, semoga cara menghilangkan cegukan pada bayi ini bisa bermanfaat buat Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar mereka yang sedang memiliki bayi juga bisa mengetahuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel